(0362) 21985
bagumumsetdabuleleng@gmail.com
Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Buleleng

Perawatan Monitor

Admin umumsetda | 09 Mei 2023 | 926 kali

Monitor menjadi salah satu bagian yang cukup penting dari sebuah unit komputer. Mempunyai fungsi untuk bisa menampilkan setiap informasi yang di hasilkan dari CPU. Monitor juga bisa menjadi penanda akan kelayakan daripada komputer. Karena dari tampilan informasi tersebut, kita bisa mengetahui apa yang terjadi pada keadaan CPU. Maka dari itu, monitor sangat memerlukan perawatan yang baik. Agar dia bisa berfungsi dengan semakin baik. Karena, meski monitor termasuk perangkat keras dari sebuah komputer, monitor juga mempunyai tingkat sensitif yang cukup tinggi.

Pada saat menggunakan monitor komputer, sebaiknya jangan di tutupi dengan helaian kain, kertas, tumpukan buku, atau pun plastik. Karena ventilasi udara pada monitor bisa tertutup. Padahal monitor merupakan sebuah alat elektronik yang juga mengeluarkan panas, dan panas itu akan keluar melalui ventilasi-ventilasi tersebut. Namun, jika anda ingin monitor anda tidak terkena debu atau kotoran, anda bisa menutupnya dengan kain atau plastik, ketika anda sudah tidak lagi menggunakannya. Dan sebaiknya tunggu sampai monitor agak dingin. Lalu hindari juga unsur air pada monitor. Karena jika sedikit saja tumpah, air tersebut bisa menimbulkan konsleting pada monitor.

Jangan lupa juga untuk selalu rajin membersihkan monitor dari debu-debu atau pun kotoran yang melekat. Hal itu bisa mengurangi masuknya debu ke bagian dalam monitor. Karena debu terkadang juga mempunyai zat besi yang bisa menjadi penghantar hubungan arus pendek antar komponen di dalam monitor. Untuk lebih mengamankan monitor anda lagi, anda bisa menambahkan penggunaan stavolt yang mempunyai penggerak motor untuk menghindari naik dan turunnya tegangan listrik. Agar tegangan listrik anda bisa tetap stabil atau tidak berpengaruh langsung terhadap semua komponen di dalam monitor.