(0362) 21985
bagumumsetdabuleleng@gmail.com
Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Buleleng

Bupati Buleleng Dorong Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Komunikasi dan Informatika

Admin umumsetda | 21 Desember 2021 | 280 kali

Bupati Buleleng, Bali Putu Agus Suradnyana mendorong peningkatan kapasitas SDM khususnya di bidang komunikasi dan informatika.


Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) SDM Kemkominfo dalam rangka sinergi program peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bidang komunikasi dan informatika di Hotel Le Meridien Jimbaran Bali, Selasa (21/12).

Agus Suradnyana menjelaskan dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini, akan ada pelatihan-pelatihan bagi SDM di Buleleng. Khususnya di bidang komunikasi dan informatika. Dengan adanya pelatihan-pelatihan dari Kemenkominfo, diharapkan mampu untuk meningkatkan kemampuan SDM yang ada. "Semoga dengan kerjasama ini nantinya bisa meningkatkan kualitas SDM yang ada di Buleleng," jelasnya.


Dirinya menyambut baik adanya kerjasama dengan Kemenkominfo dalam memajukan SDM di Buleleng khususnya di bidang komunikasi dan informatika. Dengan adanya kerjasama ini, ke depan akan diadakan berbagai pelatihan terkait komunikasi dan informatika, yang akan menyasar ASN, aparatur desa, para pelajar, dan masyarakat. Tujuan pelatihan adalah membentuk seluruh lapisan masyarakat yang semakin sadar digital. "Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kominfo. Mohon dukungannya, untuk terus didampingi kita sehingga semakin maju," ucap Agus Suradnyana.

Agus Suradnyana menambahkan bidang teknologi informasi merupakan tulang punggung perkembangan teknologi dalam era revolusi industri 4.0. Menurutnya, untuk mampu bersaing secara global kapasitas mumpuni SDM mengenai teknologi informasi dan komunikasi tidak terelakkan. Kerjasama ini merupakan kesempatan baik dalam mempersiapkan hal tersebut. Pelatihan yang direncanakan menyerap ribuan SDM akan dilakukan mulai tahun 2022. "Saya sangat mendukung program ini. Terlebih lagi Kemenkominfo RI memberdayakan dan memanfaatkan SDM yang ada di Kabupaten Buleleng. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih pada Kemenkominfo RI karena Kabupaten Buleleng sudah dipercaya dan diberikan kesempatan melakukan kerjasama ini," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Balitbang SDM Kemenkominfo Hary Budiarto mengungkapkan bahwa sinergi dengan pemerintah daerah diperlukan untuk mewujudkan masyarakat digital dari berbagai tingkatan. Sebanyak lima ribu talenta digital dicanangkan pada tahun 2022. Jika peminatnya tambah banyak, tentunya tidak terbatas pada lima ribu itu. "Kalau peminat bertambah di daerah-daerah sekitar nanti kita bantu. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati karena kita sudah bisa melakukan kerja sama," ungkapnya.