(0362) 21985
bagumumsetdabuleleng@gmail.com
Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Buleleng

Lomba Cipta Menu Kudapan Non Beras Dalam Rangka Twin Lake Festival 2019

Admin umumsetda | 05 Juli 2019 | 493 kali

Serangkaian acara Twin Lake Festival, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pertanian kembali menggelar lomba cipta menu kudapan non beras bertempat di Wantilan serba guna Danau Buyan, Desa Pakraman Pancasari, Kecamatan Sukasada, Jumat (5/7).

Lomba cipta menu kudapan non beras ini digelar untuk mewujudkan diversifikasi pangan yaitu program yang dimaksudkan agar masyarakat tidak terpaku pada satu jenis makanan pokok saja dan terdorong juga untuk mengkonsumsi bahan pangan lainnya sebagai pengganti makanan pokok serta menepis anggapan masyarakat bahwa nasi merupakan makanan pokok satu-satunya.

omba ini diikuti 8 Kecamatan yang diwakili Kelompok Wanita Tani (KWT) yg beranggotakan 3 orang dari masing-masing Kecamatan. Kriteria penilaian lomba meliputi kreatifitas menu, kombinasi dan keserasian tampilan, kerapian serta jenis bahan yang digunakan. 
 
Made Sutraheni yg merupakan salah satu peserta lomba menjelaskan ia dan anggotanya memanfaatkan bahan-bahan non beras yang mudah ditemui untuk dijadikan kudapan diantaranya ia menampilkan nasi "tridatu" yang terbuat dari ubi ungu, jagung dan singkong. Adapun kesulitan yang dihadapi dalam mengolah makanan non beras antara lain dalam hal tekstur makanan karena tekstur nasi lebih pulen dibandingkan bahan non beras seperti ubi dan jagung. "kendalanya pada saat menata makanan seperti membuat tumpeng dari bahan non beras karena teksturnya berbeda dengan nasi yang mudah merekat," ujar Sutraheni.