(0362) 21985
bagumumsetdabuleleng@gmail.com
Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Buleleng

Pesta kesenian Bali ke 41 dan Buleleng Expo ke-3 tahun 2019

Admin umumsetda | 17 Mei 2019 | 245 kali

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng kembali menggelar Pesta Kesenian Bali (PKB) ke- 41 dan Buleleng Expo yang ke-3 tahun 2019. PKB merupakan salah satu upaya penyelematan khasanah seni budaya tradisional maupun klasik. Bukan hanya itu, ajang PKB juga dapat membuka ruang kepada seniman untuk bereksperimen terhadap karya baru yang lahir sebagai upaya pengembangan atau inovasi sehingga seni di Bali dapat menambah warna baru seni budaya daerah.

PKB dan Buleleng Expo tahun 2019 ini akan berlangsung selama 5 hari mulai dari hari ini 17 Mei sampai 21 Mei 2019 mendatang. PKB Ke-41 tahun ini mengambil tema “Bayu Permana” yang artinya memuliakan sumber daya angin, yang dimaknai sebagai kesadaran dalam memuliakan daya, energi dan kekuatan unsur semesta.

Pada pembukaan PKB Kabupaten Buleleng ke-41 tahun 2019 ini, dimeriahkan oleh seniman-seniman dari luar Kabupaten Buleleng. Mulai dari penampilan kesenian dari Konjen India di Denpasar, penampilan Sekaa Gong Kebyar Wanita dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Selain itu, pada pelaksanaan Buleleng Expo ke-3 tahun 2019 menampilkan stand pameran yang diiluti oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan tarian kesenian khas dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

PKB dan Buleleng Expo ini dibuka langsung oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST, didampingi Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna,SH, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Wayan Adnyana, Rektor ISI Denpasar prof. Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.S.Kar, M.Hum., Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Drs. Gede Komang,M.Si, Jumat (17/5) malam di Panggung Terbuka di Kawasan Eks. Pelabuhan Buleleng.